Beranda blog Halaman 7

Kegiatan Belajar di Rumah: Bahasa Inggris Kelas X

0

Petunjuk Tugas:

  1. Berdoa Sebelum Belajar
    Awali kegiatan belajarmu dengan berdoa agar diberi kemudahan dan kelancaran dalam memahami materi.
  2. Tonton Video Pembelajaran
    Silakan buka dan tonton video berikut dengan saksama:
    🔗 https://youtu.be/A3xhBuO8UQg?si=WZPq08xZgdNP0a9O
    Materi: Analytical Exposition Text
  3. Buat Rangkuman
    Tuliskan ringkasan materi yang kamu pelajari dari video ke dalam buku tulismu. Pastikan menggunakan bahasa sendiri dan ditulis dengan rapi.
  4. Tulis Refleksi
    Setelah membuat rangkuman, tulis jawaban dari pertanyaan reflektif berikut:
    • Apa yang kamu pelajari tentang Analytical Exposition Text dari video tersebut?
    • Mengapa menurutmu jenis teks ini penting dalam penulisan akademik?
    • Kesulitan apa yang kamu temui saat memahami jenis teks ini?
  5. Kumpulkan Tugas
    Unggah hasil pekerjaanmu melalui tautan berikut sebelum pukul 14.00 WIB hari ini:
    📩 https://forms.gle/wqJPFj355s9KwZTP9

✍️ Tugas ini bertujuan untuk mengembangkan kemampuan memahami struktur dan fungsi teks eksposisi analitis dalam konteks akademik.

🌟 Selamat belajar dan tetap semangat! 💪😊

Kegiatan Belajar Di Rumah: Tugas Matematika Kelas X

0

Guru: Cipto Budiman

Materi: Pertidaksamaan Linear

Petunjuk Tugas:

  1. Tonton dan Pelajari Video
    Silakan buka dan tonton video pembelajaran di halaman ini atau melalui tautan berikut:
    🔗 https://youtu.be/3Ho6BvRJoVw?si=N-D4xCHR9XSX6Siq
  2. Pahami Materi
    • Pelajari model matematika yang disampaikan dalam video.
    • Perhatikan dengan saksama penjelasan mengenai penyelesaian pertidaksamaan, termasuk gambarnya.
  3. Buat Rangkuman
    Tuliskan ringkasan materi yang telah dipelajari ke dalam buku tulis secara rapi dan sistematis.
  4. Kembangkan Pemahaman
    Buatlah minimal satu pertanyaan berdasarkan materi yang telah dipelajari. Pertanyaan bisa berupa hal yang belum dipahami atau ingin didiskusikan lebih lanjut di kelas.

💡 Tugas ini bertujuan untuk melatih kemampuan analisis dan pemahaman konsep pertidaksamaan serta penerapannya dalam bentuk grafik.

🎯 Pastikan kamu mengerjakan dengan sungguh-sungguh dan tepat waktu.

📚 Selamat mengerjakan dan semangat belajar! 😊💪🏻

Kegiatan Belajar di Rumah: Sosiologi kelas X 1 – X 5

0

Guru Pendamping : Yuyun Supianti, S. Pd., M. Pd

Kelas bimbingan : X 1- X 5

Halo siswa-siswi Nekat 1 yang hebat

Pada kesempatan kali ini, kami memberikan tugas yang bertujuan untuk membantu kalian lebih memahami konsep-konsep penting dalam ilmu sosial, terutama mengenai lembaga sosial, nilai sosial, dan norma sosial yang ada di masyarakat. Tugas ini akan mengajak kalian untuk mengamati dan menganalisis berbagai fenomena sosial yang ada di sekitar kita.

Melalui tugas ini, kalian diharapkan dapat mengembangkan pemahaman lebih dalam mengenai peran lembaga sosial dalam kehidupan sehari-hari, mengenali nilai-nilai sosial yang berlaku, serta memahami bagaimana norma sosial mempengaruhi perilaku kita di masyarakat. Tugas ini juga bertujuan untuk melatih kemampuan kalian dalam menulis secara sistematis dan terstruktur.

Selamat mengerjakan, semoga kalian dapat menyelesaikan tugas ini dengan baik dan mendapatkan wawasan yang lebih luas mengenai kehidupan sosial di sekitar kita.

Berikut tugas Sosiologi selama kegiatan Belajar di rumah USP 2025 ini:

  1. Jelaskan yang dimaksud dengan lembaga sosial, dan berikan contoh minimal 2 lembaga sosial yang ada di masyarakat!
  2. Berikan dan jelaskan contoh nilai sosial material, vital dan kerohanian yang ada di masyarakat masing masing minimal 2 contoh!
  3. Berikan dan jelaskan contoh norma sosial berdasarkan tingkatan norma, masing masing 2 contohnya!
  4. Berikan dan jelaskan contoh norma sosial yang berlaku di masyarakat, minimal 2 contoh!
    Literasi yang baik dan dikirim ke drive kelas masing masing

Petunjuk Pengumpulan:

  • Tugas ini harus dikumpulkan dengan literasi yang baik.
  • Kirimkan tugas Anda melalui Drive kelas masing-masing.

Terima kasih atas perhatian dan kerjasama siswa sekalian. Semoga tugas ini dapat meningkatkan pemahaman kalian tentang konsep-konsep sosial yang ada di sekitar kita.

Salam Cinta 😍
Yuyun Supianti, S. Pd., M. Pd

Kegiatan Belajar di Rumah: Biologi Kelas X.5 – X.12

0

Guru Pembimbing: Erni Yunita
Topik: Pembuatan Alat Peraga Siklus Biogeokimia

Pengantar Materi

Siklus Biogeokimia merupakan proses daur ulang unsur dan senyawa kimia di alam yang melibatkan komponen biotik dan abiotik. Siklus ini menjaga keseimbangan unsur kimia di bumi, sehingga kehidupan dapat terus berlangsung. Ketika suatu organisme mati, senyawa organik dalam tubuhnya akan diurai menjadi zat anorganik dan dikembalikan ke lingkungan.

📅 Jadwal Pembelajaran

HariJamKelas
SeninJam ke-3–4X.7
Jam ke-5–6X.9
RabuJam ke-4–5X.8
Jam ke-6–7X.5
KamisJam ke-4–5X.12
Jam ke-6–7X.6
JumatJam ke-2–3X.11
Jam ke-4–5X.10

🎯 Tugas: Membuat Alat Peraga Siklus Biogeokimia

Untuk memahami materi ini lebih baik, simak video pembelajaran berikut:
🔗 Video Siklus Biogeokimia


📝 Langkah Kerja:

  1. Bekerjalah dalam kelompok yang telah ditentukan pada pertemuan sebelumnya.
  2. Tentukan jenis siklus biogeokimia yang akan dibuat alat peraganya (misalnya: siklus air, karbon, nitrogen, fosfor, dll).
  3. Siapkan alat dan bahan seperti: kardus bekas, kertas, spidol, pensil, gunting, lem, dan bahan pendukung lainnya.
  4. Buat alat peraga secara kreatif dan menarik.
    ⚠️ Harap berhati-hati saat menggunakan alat tajam seperti gunting dan cutter.
  5. Sertakan keterangan pada setiap tahapan siklus yang ditampilkan, serta penjelasan manfaat dari siklus tersebut.
  6. Setelah selesai, buat refleksi singkat atas proses kerja dan pembelajaran yang kalian alami dalam kelompok.
  7. Jangan lupa mengisi presensi kehadiran melalui tautan berikut:
    🔗 Formulir Kehadiran Biologi

Semoga kegiatan ini menambah pemahaman dan kreativitas kalian dalam mempelajari Biologi.
Selamat bekerja sama, tetap semangat, dan jaga keselamatan!

Kegiatan Belajar di Rumah: Pendidikan Agama Islam

0

Guru: Rizka Susilawati, S.Pd.
Judul Materi: Hakikat Mencintai Allah, Khauf, Raja, dan Tawakal

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh,
Anak-anak hebat yang dirahmati Allah, semoga kalian selalu dalam keadaan sehat dan semangat dalam menuntut ilmu.

Untuk mendalami materi tentang mencintai Allah, khauf (takut), raja’ (harap), dan tawakal (berserah diri), silakan kerjakan tugas berikut secara mandiri dan jujur.


🎯 Tujuan Pembelajaran:

Setelah mengerjakan tugas ini, peserta didik diharapkan dapat:

  • Memahami arti dan makna mencintai Allah.
  • Menjelaskan pengertian khauf, raja’, dan tawakal.
  • Menunjukkan contoh penerapan sikap-sikap tersebut dalam kehidupan sehari-hari.

📝 Instruksi Tugas:

  1. Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut dengan lengkap dan jelas:
    • Jelaskan dengan kata-katamu sendiri apa arti mencintai Allah.
    • Mengapa penting bagi seorang Muslim memiliki perasaan khauf dan raja’ kepada Allah secara seimbang?
    • Apa yang dimaksud dengan tawakal, dan bagaimana cara menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari?
    • Berikan masing-masing satu contoh sikap dari:
      • Mencintai Allah
      • Khauf
      • Raja’
      • Tawakal
    • Tuliskan sebuah doa pendek yang berisi harapan (raja’) dan tawakal kepada Allah dalam menghadapi ujian atau masalah hidup.
  2. Cara Pengumpulan:
    • Tulis jawaban di buku tugas atau dalam dokumen Word.
    • Kirimkan hasilnya ke email berikut:
      ✉️ [email protected]
    • Paling lambat: jam 16.00 WIB pada hari yang ditentukan.

Semoga tugas ini menjadi sarana untuk lebih mendekatkan diri kepada Allah SWT.
Tetap semangat, jaga kejujuran dalam belajar, dan semoga Allah mudahkan urusan kalian semua.

Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Kegiatan Belajar di Rumah: Matematika Tingkat Lanjut – Kelas XI FA & XI FB

0

Materi: Fungsi Logaritma
Disusun oleh: Dewi Fitriyaningsih, S.Pd.

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh
Selamat pagi, siswa-siswi hebat XI FA dan XI FB!
Semoga kalian semua selalu dalam keadaan sehat dan semangat dalam belajar.

Sebelum memulai pembelajaran hari ini, mari kita awali dengan mengucapkan basmallah agar kegiatan berjalan lancar dan penuh berkah.


📘 Pertemuan 1: Menentukan Fungsi Logaritma dari Grafik

📅 Jadwal Pembelajaran:

  • Senin, 14 April 2025: XI FB 1 & XI FA 2
  • Selasa, 15 April 2025: XI FB 2 & XI FA 1
  • Rabu, 16 April 2025: XI FA 4 & XI FA 3
  • Kamis, 17 April 2025: XI FB 2

🧠 Tugas:

  1. Pelajari materi tentang menentukan fungsi logaritma dari grafik melalui video berikut:
    🔗 Tonton Video Materi
  2. Catat materi penting di buku catatan matematika.
  3. Kerjakan latihan: Tentukan fungsi logaritma dari grafik yang disediakan.

📝 Kerjakan di buku catatan matematika masing-masing.

📌 Jangan lupa mengisi absensi di sini:
Form Absensi


📗 Pertemuan 2: Memodelkan Masalah Sehari-hari dengan Logaritma

📅 Jadwal Pembelajaran:

  • Selasa, 15 April 2025: XI FA 2
  • Rabu, 16 April 2025: XI FB 1
  • Kamis, 17 April 2025: XI FA 1
  • Jumat, 18 April 2025: XI FA 3, XI FA 4, XI FB 2

🧠 Tugas:

  1. Tonton kembali video materi (materi lanjutan):
    🔗 Tonton Video Materi
  2. Catat pokok bahasan dalam buku catatan.
  3. Carilah satu contoh soal pemodelan logaritma dari kehidupan sehari-hari lengkap beserta penyelesaiannya.

📌 Jangan lupa absen seperti biasa melalui tautan yang sama di atas.


Terima kasih atas kerja keras kalian!
Tetap semangat, jaga kesehatan, dan semoga Allah SWT senantiasa memberikan kemudahan dalam setiap langkah kalian.
Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh

MATERI-MATEMATIKA-TINGKAT-LANJUT-KELAS-XI-FA-DAN-XI-FB_DEWI-FITRIYANINGISH

Kegiatan Belajar di Rumah: Matematika – Kelas X.11 dan X.12

0

Materi: Sistem Pertidaksamaan Linear Dua Variabel
Disusun oleh: Dewi Fitriyaningsih, S.Pd.

Assalamu’alaikum dan selamat pagi, anak-anak hebat!

Selamat belajar mandiri di rumah. Sebelum memulai kegiatan pembelajaran hari ini, mari kita awali dengan mengucapkan basmallah agar pembelajaran berjalan lancar dan penuh keberkahan.

Materi Pembelajaran

Hari ini kita akan mempelajari materi tentang Sistem Pertidaksamaan Linear Dua Variabel.
Untuk memudahkan pemahaman, silakan pelajari video pembelajaran melalui tautan berikut:

🔗 Tonton Video Pembelajaran


Instruksi Tugas:

  1. Setelah menonton dan mempelajari materi dari video di atas, silakan catat hal-hal penting dalam buku catatan matematika kalian.
  2. Kerjakan latihan soal yang berkaitan dengan materi Sistem Pertidaksamaan Linear Dua Variabel pada buku catatan dengan rapi.
  3. Jangan lupa untuk mengisi daftar hadir (absen) melalui tautan berikut:
    📌 Form Absensi

Terima kasih atas kerja keras kalian. Tetap semangat, jaga kesehatan, dan terus belajar dengan giat!
Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh

MATERI-MATEMATIKA-KELAS-X.11-DAN-X.12-_-DEWI-FITRIYANINGSIH
Survei Layanan Informasi
Sebagai upaya untuk terus meningkatkan kualitas informasi yang kami sajikan, kami mohon sedikit waktu Anda untuk berpartisipasi dalam survei kepuasan pengunjung. Masukan Anda sangat berharga bagi kami dalam memastikan bahwa informasi yang tersedia di website ini akurat, mudah dipahami, dan bermanfaat. Kami menghargai waktu dan kontribusi Anda dalam membantu kami meningkatkan pengalaman pengguna. Terima kasih atas partisipasi Anda.

Nama*

Seberapa puas Anda dengan kejelasan dan kelengkapan informasi yang ditampilkan di website ini?*

Seberapa mudah anda menemukan informasi yang dibutuhkan?*

Berapa bintang yang sesuai untuk saat ini?*

Ada ide, saran dan rekomendasi untuk kami?